Categories
Uncategorized

Bedanya Genset Mini dan Genset Standby

Banyak yang ingin membeli dan menggunakan generator set alias genset, namun tidak memiliki pengetahuan yang tepat. Akhirnya, karena pengetahuan yang minim tersebut, terbelilah genset yang salah. Seharusnya mau membeli genset mini misalnya, jadi beli genset yang lain. Itukan akan menimbulkan banyak permasalahan nantinya. Tidak hanya masalah dari aspek finansial, tapi dari aspek lainnya, seperti Anda yang tidak suka kebisingan, namun karena membeli genset yang menimbulkan kebisingan, akhirnya harus terganggu dan masalah-masalah lainnya. Maka dari itu, ketika hendak membeli genset, pengatahuan yang harus dimiliki mesti cukup sehingga ketika berada di distributor, Anda tidak kena tipu.

Bedanya Genset Mini dan Standby

Jika dibagi berdasarkan kebutuhan listrik rumah, genset dibagi menjadi dua yaitu genset mini dan genset standby. Dari kedua jenis genset tersebut, tentunya setiap genset memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dimana kedua hal tersebut akan kami bahas dalam ulasan di bawah ini!

Genset mini

Benar memang, jika produk genset mini termasuk kategori genset yang populer di Indonesia karena banyak yang menggunakan. Kebanyakan orang menggunakan genset ini lantaran harganya yang terjangkau dan ketersediaannya yang banyak. Selain itu, kelebihan lainnya dari genset berukuran mini adalah bisa dileakkan dimana saja, dipindah atau dibawa ke luar ruangan, ke dalam ruangan, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Biasanya genset jenis ini berbahan bakar bensin atau solat, jadi bahan bakarnya bisa dicari kapan saja dan dimana saja.

Kekurangan dari genset ukuran mini di antaranya yaitu biasanya genset ini sedikit cukup sulit dioperasikan, sebab masih menggunakan engkol atau recoil. Sementara itu, untuk dari suara ada yang cukup menimbulkan kebisingan, ada juga ynag tidak berisik sama sekali karena starternya sudah starter elektrik. Namun harganya pasti akan jauh lebih mahal.

Genset standby

Biasanya genset standby akan langsung diinstal di rumah secara permanen. Mengapa? Karena genset jenis ini biasanya langsung beroperasi secara otomatis manakal listrik di rumah Anda padam. Genset jenis ini menggunakan bahan bakar gas, tetapi beberapa ada yang solar. Apabila di rumah Anda sudah memiliki saluran gas tersendiri, maka bisa mencoba genset jenis ini. Namun biasanya genset jenis ini belum banyak disedikan di Indonesia karena harganya yang relatif mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *