Macam-Macam Panel Genset

ATS sendiri adalah kependekan dari sakelar transfer otomatis, yang merupakan sirkuit listrik yang memiliki fungsi sakelar yang secara otomatis beroperasi ketika terjadi pemadaman listrik yang terencana atau tiba-tiba, maka panel akan beroperasi secara otomatis, menghilangkan pengambilan listrik dari sumber lain. . yang umumnya menggunakan panel genset genset. atau diesel. Sebagai sumber listrik baru. Dan sebaliknya, ketika listrik PLN dinyalakan, panel genset akan mati secara otomatis dan kembali ke sumber listrik PLN yang digunakan.

AMF adalah kependekan dari ekspresi otomatis Main Falure adalah sirkuit listrik pada panel yang bekerja secara otomatis untuk menghentikan atau menghidupkan dan mematikan panel genset itu sendiri, tanpa campur tangan manusia alias secara otomatis. Prinsip standarnya adalah, jika listrik gagal, panel AMF akan secara otomatis menyalakan panel genset dan listrik akan mengalir dan sebaliknya jika listrik PLN beroperasi secara otomatis, panel AMF juga akan menghentikan generator.


Panel sinkron berfungsi untuk menyinkronkan kinerja 2 atau lebih unit Genset. Panel sinkronisasi digunakan jika bebannya sangat bervariasi dan generator non-stop digunakan. Jika bebannya sedikit berbeda dari waktu ke waktu, akan cukup boros untuk menggunakan 1 generator. Sebagai gambaran, misalkan beban berkisar dari 400 kVA hingga 1.000 kVA, akan lebih efisien untuk menggunakan 2 x 500 kVA, dibandingkan dengan menggunakan 1 x 1.000 kVA. Saat menggunakan 2 x 500 kVA yang disinkronkan, jika bebannya masih di bawah 500 kVA, hanya 1 generator yang akan menyala. Jika beban 750 kVA, maka beban akan dibagi sama rata dengan 375 kVA / unit, dengan kedua set dihidupkan.

berfungsi untuk membagi daya yang tersedia untuk beberapa generator secara bersamaan dengan konfigurasi yang dapat dikonfigurasi. Contoh: gunakan Genset A untuk 6:00 – 6 sore, lalu gunakan Genset B untuk 18:00 – 6:00; atau gunakan Genset A selama daya di bawah 500 kVA jika Anda menghidupkan Genset B lebih dari 500 kVA.
Untuk sistem berbagi daya, Anda dapat menggunakan Panel Sync. Sistem ini banyak digunakan jika kekuatan Anda sangat bervariasi. Misalnya, daya Anda berkisar dari 300 kVA hingga 800 kVA. Menggunakan unit generator 1000 kVA akan sangat tidak efisien.

Anda dapat menggunakan 2 unit generator 500 kVA. Jika daya di bawah 400 kVA, Synchronous Panel akan secara otomatis menggunakan hanya 1 generator, jika lebih besar dari 400 kVA, Synchronous Panel akan menggunakan 2 generator.
Penggunaan panel ATS dalam membangun instalasi diperkirakan untuk mengantisipasi ketika PLN gagal memasok listrik (dihadapkan dengan gangguan), maka dalam hal ini generator akan menggantikan peran PLN dalam penyediaan listrik, di sini peran Panel ATS adalah untuk secara otomatis pindahkan distribusi dari PLN ke generator, sehingga generator dapat menggantikan peran Perusahaan Listrik Nasional dalam menyediakan listrik ke gedung / lokasi

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*