Opsi Lightning Tower dengan Bahan Bakar dan Tenaga Surya

lightning tower

 

Di masa sekarang, produk lightning tower sudah semakin bervariasi. Generator yang digunakan sudah tidak lagi sekedar menggunakan bahan bakar diesel ataupun bensin. Dengan popularitas solar panel dan upaya penggunaan energi terbarukan, banyak juga produk tower lamp yang memadukan unit solar panel dan baterai sebagai sumber listrik. Untuk lebih jelasnya, anda bisa cek produk dengan bahan bakar bensin dan juga solar panel berikut sehingga anda pun bisa membuat perbandingan terendiri dari informasi yang ada.

Produk lightning tower pertama yang direkomendasikan adalah Light Tower Dynamic dengan model DLT 400. Lampu yang disediakan sebanyak 4 buah dengan masing-masing adalah lampu dengan kekuatan 400 watt. Dengan kombinasi tersebut, tingkat kecerahan yang bisa disediakan lightning tower ini mencapai 1.440.000 lumens sehingga malam hari pun tak akan terasa gelap lagi di lokasi proyek. Untuk bagian towernya, ketinggian maksimal mencapai 4800 mm atau setara 4,8 meter. Tiang atau tower sudah dilengkapi dengan sistem section elevating mast yang memungkinkan panjangnya bisa diatur dengan mudah. Dari segi generator, mesin yang digunakan adalah Honda GX270. Kekuatan mesin tersebut adalah 8 HP dan mampu menyediakan kapasitas output hingga 3,1 kilowatt walau penggunaan optimalnya ada di angka 2,8 kilowatt. Dengan adanya tangki bahan bakar bensin sebesar 15 liter, generator bisa beroperasi hingga total 12,5 jam. Durasi tersebut tentu sangat cukup untuk pekerjaan di sore hingga pagi hari.

Untuk produk lightning tower dengan solar panel, ada model SS-900 dari Sun Solar. Jenis lampu yang digunakan di unit tersebut adalah LED dengan jumlah 4 unit. Masing-masing lampu mempunyai daya sebesar 100 watt  dan mampu menyediakan sekitar 135,000 lumens di masing-masing lampunya. Untuk urusan sumber listriknya, ada panel surya yang terpasang dan siap mengisi daya baterai yang sudah ada.  Solar panel yang digunakan mempunyai daya 455 watt dan dengan jumlah tiga buah. Kombinasi unit tersebut digunakan untuk mengisi enam baterai yang masing-masing mempunyai kapasitas 150Ah. Dengan kondisi langit yang cerah optimal, pengisian daya hanya akan perlu sekitar 8 jam dan kondisi baterai yang full akan bisa menyediakan listrik di lampu LED selama 19 jam. Untuk urusan tiang, ketinggian maksimal mencapai 9 meter dan ada sistem hidrolik dan elektrik untuk pengaturan ketinggian lightning tower itu. Sebagai penopang, ada roda serta empat kaki penahan.