Tipe dan Jenis-Jenis Tower Light

lightning tower

 

Lamp tower menjadi hal yang sudah cukup umum digunakan sekarang. Terutama di area tambang atau konstruksi yang lokasinya cukup jauh dari sumber listrik, keberadaan dari tower light memang sangat diperlukan. Dengan adanya lamp tower, pekerjaan di malam hari pun tetap bisa dijalankan dan diselesaikan karena sudah adanya penerangan yang memadai. Lalu, apa saja jenis-jenis dari lamp tower tersebut?

Pertama adalah kategori trailer light tower. Model ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan. Trailer tower light mempunyai keunggulan pada mobilitasnya. Pemindahan unit penerangan tersebut tidak akan sulit karena sudah ada roda dan nantinya hanya tinggal ditarik oleh kendaraan lainnya saja. Untuk lampu LED yang digunakan, ada trialier light tower yang hanya menggunakan satu unit lampu, tapi ada juga yang bisa menggunakan beberapa sekaligus.

Kategori kedua adalah skid tower light. Desain dan bentuknya membuat model ini sangat cocok digunakan di area atau medan yang sulit dijangkau dengan kendaraan biasa. Kid light tower didukung dengan adanya bantalan kaki atau  sistem penopang untuk memberikan kestabilan pada konstruksi light tower hingga tiangnya ketika akan digunakan. Dengan begitu, medan yang tidak rata sekalipun tak akan menjadi masalah besar dengan bantalan dan penopang yang ada.

Vertical mast light tower adalah opsi lainnya yang bisa anda temukan. Karakteristik yang khas dari model tersebut adalah desain dan sistem tiang atau towernya yang bisa diatur ketinggian atau panjangnya. Dengan kata lain, operator bisa menaikkan atau menurunkan ketinggian lampunya. Biasanya, ketinggian maksimal yang ada bisa mencapai 9 meter. Penggunaan dari vertical mast tower light ini lebih banyak dijumpai di area-area yang perlu pencahayaan dari tempat yang cukup tinggi.

Kategori terakhir yang bisa dijumpai adalah hybrid tower light.  Hal yang menjadi hybrid atau campuran dari model light tower ini bukan dari segi fiturnya, tapi lebih di bahan bakar. Dengan kata lain, model lamp tower tersebut bisa beroperasi dengan bahan bakar ganda, yaitu bensin serta listrik. Bensin akan diperlukan untuk mengoperasikan generator. Lalu, sumber daya kedua berasal dari baterai yang tersedia. Dengan adanya sistem hybrid tersebut, lamp tower bisa beroperasi dengan lebih baik dan bahkan lebih lama di situasi darurat.