Fungsi dan Tips Perawatan AVR Genset


Genset dengan fungsinya sebagai penyedia arus listrik terdiri dari beberapa komponen utama. Bagian terpenting tentu ada di bagian mesin karena itu menjadi pusat dari kinerja genset. Beberapa komponen lainnya pun tersedia, dan avr genset adalah bagian lain yang sangat penting. AVR merupakan singkatan dari Automatic Voltage Regulator. Dari namanya, sudah cukup jelas kalau fungsi dari komponen tersebut berperan sebagai regulator atau pengatur voltase listrik.

Kestabilan voltase yang dialirkan dari genset memang sangat penting. Hal tersebut diperlukan untuk menjaga kondisi peralatan elektronik yang terhubung dengan arus dari generator. Ketika arus dan tegangan yang ada tidak stabil, peralatan elektronik akan mudah mengalami kerusakan karena terjadinya lonjakan voltase. Fungsi dari avr genset adalah untuk menjaga dan memastikan aliran listrik selalu stabil dan tidak mengalami masalah. Dengan adanya AVR tersebut, tentu perangkat elektronik bisa semakin aman. Ditambah lagi, risiko adanya masalah seperti korsleting bisa dicegah sehingga penggunaan genset jauh lebih efektif tanpa masalah.

Karena perannya yang sangat penting, avr genset tentu perlu ada perawatan untuk memastikan komponen tersebut tetap aman. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan pada AVR. Pertama, anda perlu memperhatikan penempatan AVR dan juga gensetnya. Sebisa mungkin lokasi komponen tersebut tidak ada di area yang terlalu lembab. Di saat yang sama, avr genset juga perlu terhindar dari sinar matahari langsung. Dengan begitu, tidak ada faktor eksternal yang akan mempengaruhi kinerja dari AVR dan mencegah adanya kerusakan.

Untuk merawat AVR, anda perlu juga merawat komponen generator lainnya. Membersih generator dan komponennya adalah salah satu hal yang wajib dilakukan secara rutin. Pengecekan filter hingga kabel dan komponen lain yang ada juga sangat penting untuk memastikan genset selalu bekerja optimal dan juga mencegah adanya masalah di aliran listrik. Dengan lancarnya performa genset, tentu kinerja avr genset akan lebih bagus dan tidak akan mengalami beban kinerja terlalu berat. Pastinya, ada kalanya genset dan AVR perlu mendapatkan service berkala. Hal tersebut pun sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli atau teknisi yang profesional. Ketika usia komponen sudah cukup lama, bahkan penggantian komponen tetap diperlukan.